Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Tentang Menuntut Ilmu Singkat dan Menarik

kultum tentang menuntut ilmu

Dzikr.web.id | Para pembaca semua yang mulia, pada artikel ini kami akan berbagi seputar contoh teks kultum tentang menuntut ilmu. Barangkali ada diantara kalian yang sedang mencari referensi materi kultum, kalian bisa memakai naskah yang kami buat berikut ini:

Kewajiban Menuntut Ilmu Bagi Seorang Muslim

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَأةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أشْرَفِ الْأَنبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

قَالَ اللَّهُ تَعَالَى : يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ (المجادلة: 11)

Puji syukur milik Allah ta’ala, Tuhan penguasa alam semesta, shalawat dan salam atas Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam, kepada keluarganya, para sahabatnya, dan para umatnya yang senantiasa berpegang teguh terhadap sunnahnya.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah………

Menuntut ilmu merupakan kebutuhan primer bagi seorang muslim. Dimana seorang muslim tidak akan bisa beribadah dengan benar tanpa menuntut ilmu. Padahal para ulama’ mengatakan bahwa syarat diterimanya suatu ibadah adalah ikhlas dan mutaba’ah (mengikuti tuntunan Rasulullah). Oleh sebab itu wajib hukumnya seorang muslim menuntut ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah sehari-hari seperti bersuci, shalat, dll. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ (رواه ابن ماجة)

Artinya: “menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim” (HR Ibnu Majah) (Al Albani mengatakan hadits ini shahih)

Menuntut ilmu tidak selamanya dilakukan dibangku sekolah. Menuntut ilmu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sekarang ini banyak sekali media-media yang memudahkan seorang muslim untuk menuntut ilmu. Jadi tidak ada alasan baginya untuk tidak menuntut ilmu. 

Membaca buku termasuk menuntut ilmu, menghadiri majelis taklim termasuk menuntut ilmu. Bahkan mendengarkan video atau siaran televisi yang menyiarkan kajian keislamanpun bisa dikatakan menuntut ilmu.

Menuntut ilmu sangat penting bagi seorang muslim karena ia berkaitan dengan diterimanya sebuah ibadah. Jangan sampai kita sudah beribadah dengan tekun, namun ternyata ibadah kita tidak diterima Allah ta’ala disebabkan caranya yang salah. Maka dari itu perlu kita cek ibadah kita selama ini apa sudah sesuai dengan tuntunan Nabi atau belum. Jika masih ada yang belum sesuai, maka mari kita perbaiki.

Disisi lain orang yang berilmu tentu berbeda dengan orang yang bodoh. Allah memuliakan orang yang berilmu dengan mengangkat derajadnya. Sebagaimana firman-Nya yang telah saya bacakan dimukaddimah. 

قَالَ اللَّهُ تَعَالَى : يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ (المجادلة: 11)

Artinya: “ Allah mengangkat derajad orang-orang beriman diantara kalian dan orang-orang yang berilmu”.(Qs. Al Mujadalah:11)

Jadi mari kita sama-sama menuntut ilmu dengan cara yang kita bisa, jika bisa menuntut ilmu di pesantren, maka lakukan, jika bisanya menuntuk ilmu dengan mendengar kajian, maka lakukan, jika sanggupnya hanya dengan membaca buku atau membaca artikel di website, maka lakukan. Tiada kata terlambat dalam menuntut ilmu, berapapun umur kita. 

Selain ikhtiar menuntut ilmu, kita juga perlu berdo’a kepada Allah meminta untuk di berikan ilmu. Karena Allahlah yang maha kuasa, yang menentukan nasib makhluk-Nya. Adapun redaksi do’anya adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya: “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang baik, dan amal ibadah yang diterima”.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga kita bisa mengambil faidah dari kultum yang barusan saya bawakan dan semoga kita bisa mengamalkannya, amiin. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh kultum tentang menuntut ilmu yang bisa kalian gunakan sebagai referensi ketika kalian kultum atau ceramah. Jika kalian membutuhkan tema kultum lainnya, bisa membaca artikel-artikel tentang contoh kultum yang telah kami tulis sebelumnya dengan cara klik label “Kultum” atau “Daftar Isi” di menu footer.

Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Tentang Menuntut Ilmu Singkat dan Menarik"