Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kitab Amtsilah Tashrifiyah PDF

Kitab amtsilah tashrifiyah PDF
Dzikr.web.id | Hai para pembaca dimanapun berada, tau nggak apa itu ilmu sharaf? mungkin bagi yang pernah mondok atau sekolah di madrasah sudah tidak asing lagi dengan ilmu yang satu ini. Tapi bagi yang sekolah di SMA atau SMK mungkin bertanya tanya, apa itu ilmu sharaf?. maka di artikel ini saya akan berbagi tentang ilmu sharaf dan membagikan link kitab tashrif.

Ilmu sharaf adalah  salah satu cabang dari ilmu bahasa arab. Bahasa arab mempunyai setidaknya 13 cabang ilmu, diantanya adalah ilmu nahwu, ilmu sharaf, ilmu balaghah, ilmu lughah, ilmu isytiqaq, ilmu al arudh, ilmu qawafi, ilmu qardus syi'ri, ilmu khat, ilmu insya', ilmu mukhodarat, ilmu badi', ilmu bayan, dan ilmu ma'ani. Ilmu sharaf adalah ilmu yang membahas tentang perubahan suatu kata ke bentuk kata yang lainnya. contohnya adalah: kata عمل (bekerja) berubah menjadi عامل (pekerja). 

ilmu sharaf sangat penting dikuasai oleh orang yang ingin belajar bahasa arab, karena ilmu sharaf adalah salah bagian dari bahasa arab itu sendiri. Sudah bisa dipastikan bagi siapa yang tidak mendalami ilmu sharaf ini, maka ia tidak akan bisa berbahasa arab. Maka disini ana juga akan membagikan link download unuk mengunduh kitab amtsilah tashrifiyah bagi pembaca yang ingin menghafal bentuk-bentuk kata.

Kitab ini merupakan kitab wajib bagi santri yang mondok di seluruh pondok pesantren di indonesia. Karena memang bagi yang ingin bisa membaca kitab kuning, harus mempelajari kitab amtsilah tashrifiyah ini. Metode dalam mempelajari kitab ini adalah dengan cara menghafal contoh-contoh tashrif yang ada didalamnya. Menghafalnya pun mudah karena ia tersusun dan terangkai seperti sebuah bait lagu. Contoh isi dari kitab ini adalah sebagai berikut:

فعل يفعل فعلا و مفعلا فهو فاعل وذك مفعول ليفعل افعل لا يفعل لا ثفعل مفعل مفعل مفعل
contoh diatas adalah satu baris tashrif istilahi di kitab tersebut. silahkan klik link dibawah ini menuju situs yang menyediakan link download untuk mengunduh kitab amtsilah tashrifiyah.


Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Kitab Amtsilah Tashrifiyah PDF"