Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Ma'had Bilal Bin Rabah Unimuda Sorong

Dzikr.web.id | Pada kesempatan ini saya mau membagikan informasi mengenai lembaga pendidikan bahasa arab yang ada di kota sorong. Lembaga tersebut adalah Ma'had Bilal Bin Rabah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong atau UNIMUDA Sorong Papua Barat Daya.
 

Ma'had Bilal Bin Rabah merupakan sebuah lembaga yang menyelenggarakan kegiatan perkuliahan khusus jurusan bahasa arab dan study islam. Ma'had bilal bin rabah didirikan pada tahun 2009 oleh yayasan AMCF (asia muslim charity foundation) bekerjasama dengan STKIP Muhammadiyah Sorong (saat ini menjadi UNIMUDA). AMCF sendiri merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dengan mendirikan ma'had-ma'had di berbagai kota di indonesia. Sekaligus menyelenggarakan bantuan-bantuan sosial ke pelosok-pelosok negeri dan juga mengirim da'i-dai ke berbagai wiliyah di indonesia. 


Kampus ma'had bilal bin rabah unimuda sorong
Kampus ma'had Bilal Bin Rabah

Ma'had bilal bin rabah sendiri merupakan ma'had yang ke 18 dari ma'had-ma'had yang telah dibangun oleh AMCF diseluruh indonesia. Ia berada di komplek universitas UNIMUDA Sorong di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No.1, Mariat Pantai, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong-Papua Barat. Ma'had ini menawarkan dua program, yang pertama adalah program tahfidz Al Qur'an, dan yang kedua adalah program S1 PAI yang terintegrasi dengan Kurikulum I'dad Lughawi.

Jadi Mahasiswa yang memilih jurusan PAI harus belajar bahasa arab dahulu selama 4 semester, kemudian pada semester 5 dan seterusnya belajar mata kuliah PAI. Jadi kelebihan kuliah disini adalah selain belajar ilmu agama islam, kita juga diajar bahasa arab. yang mana bahasa arab tersebut memudahkan kita dalam mendalami ilmu agama islam yang kita tahu hampir kebanyakan buku-buku ulama ditulis menggunakan bahasa arab. 

Pada awalnya lembaga bahasa arab ini menawarkan full beasiswa kepada para mahasiswanya, sekaligus disediakan asrama bagi yang berasal dari luar kota. Namun seiring berjalannya waktu, pada akhir tahun 2019 terjadi perubahan kebijakan mengenai hal tersebut, dan sekarang ma'had bilal bin rabah menerapkan biaya pendidikan bagi para mahasiswanya. Besaran biaya pendidikan yang dibebankan kepada para mahasiswa adalah sebagai berikut:

Biaya pendaftaran: Rp.150.000
Biaya SPP/Semester: Rp.500.000
Pembangunan: Rp.1.000.000
Asrama/bulan: Rp.300.000

Demikianlah sedikit pengenalan mengenai lembaga bahasa arab Ma'had Bilal Bin Rabah, ma'ahad bahasa arab satu-satunya yang ada di tanah Papua. Bagi kamu yang ingin bergabung, silahkan datang langsung kekantornya, atau bisa menghubungi kontak dibawah ini.

Contact yang bisa dihubungi:
Telp : 081313112070

2 komentar untuk "Profil Ma'had Bilal Bin Rabah Unimuda Sorong"

  1. Disini untuk perempuan dan laki-laki?

    BalasHapus
  2. iya, laki laki dan perempuan bisa masuk semua, informasi lebih lanjut hubungi kontak diatas

    BalasHapus