Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Ceramah Singkat Tentang Rukun Islam

ceramah singkat tentang rukun islam

Dzikr.web.id |
Pada artikel ini kami akan berbagi contoh ceramah singkat tentang rukun islam. Sebuah dasar keislaman yang harus diketahui oleh umat islam. Oleh sebab itu kita harus sering-sering mengangkat tema tentang rukun islam dalam kultum atau ceramah. 

Disini kami akan memberikan contoh ceramah singkat tentang rukun islam yang bisa kalian jadikan referensi dalam ceramah atau kultum. Langsung saja simak contohnya berikut ini:

5 Rukun Islam Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Alhamdulillahi rabbil alamin, wassalatu wassalamu ala nabiyyina muhammadin wa ‘ala alihi wa ashabihi ajma’in, amma ba’du.
Puji syukur milik Allah ta’ala Tuhan semesta alam, Shalawat serta salam atas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, para keluarganya, dan para sahabatnya semuanya.

Ma’asyiral muslimin yang dirahmati Allah…..

Tahukah kalian apa itu rukun islam? Rukun islam adalah suatu ibadah yang harus dilaksanakan oleh umat islam yang dengannya ia disebut orang muslim. Rukun islam ada 5 sebagaimana disebutkan dalam hadits.

بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَالحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ (رواه البخاري)

Artinya: “islam dibangun atas 5 perkara: bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhakdisembah kecuali Allah, dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, melaksanakan shalat, menunaikan zakat, berhaji, dan puasa Ramadhan”. (HR Bukhari)

فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "الْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُومَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيلًا"(رواه مسلم)

Artinya: “Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam berkata: Islam itu kamu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah Utusan Allah, dan engkau melaksanakan shalat, dan engkau menunaikan zakat, dan engkau berpuasa ramadhan, dan engkau berhaji ke Baitullah jika kamu mampu menuju kesana”. (HR Muslim)

Itulah 5 rukun islam yang wajib kerjakan oleh umat islam, yakni bersyahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji. Barangsiapa yang mengingkari kewajiban dari 5 rukun islam tersebut maka ia telah murtad atau keluar dari islam.

Ma’asyiral muslimin yang dirahmati Allah…..

Yang dimaksud dengan shalat adalah shalat 5 waktu, yakni dzuhur, ashar, magrib, isya’, dan subuh. Selain shalat 5 waktu, hukumnya sunnah, akan mendapat pahala jika dikerjakan dan tidak berdosa jika ditinggalkan. 

Kemudian yang dimaksud dengan zakat adalah zakat fitr atau zakat fitri. Yakni dengan memberikan 1 sha’ (kurang lebih 3 kg) makanan pokok kepada mustahiqnya (yang berhak menerima zakat), diantaranya fakir miskin. Jika makanan pokok yang kita konsumsi berupa nasi, berarti kita berzakat menggunakan beras, jika makanan pokok kita jagung, berarti kita berzakat menggunakan jagung, jika makanan pokok kita kurma, maka kita berzakat menggunakan kurma.

Selain zakat fitri, kita juga dibebani zakat mal atau zakat harta. Jika kita memiliki harta yang wajib dizakati, dan telah terkumpul selama satu tahun, maka kita wajib mengeluarkan zakatnya. Misalnya kita memiliki emas seberat 84 gram, maka kita wajib mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5 %. Jika kita panen padi seberat satu misalnya, maka kita harus mengeluarkan zakatnya sebesar 10% atau % 5%.

Yang dimaksud dengan puasa adalah puasa ramadhan. Selain puasa ramadhan, hukumnya adalah sunnah seperti puasa senin kamis. Dan rukun islam yang kelima adalah haji. Kewajiban haji hanya sekali seumur hidup, jadi jika sudah pernah melaksanakannya, dan ingin melaksanakannya lagi, maka hukumnya sunnah.

Ma’asyiral muslimin yang dirahmati Allah, cukup sekian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita diberi kekuatan oleh Allah untuk bisa mengamalkannya. Billahi taufik wal hidayah, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh ceramah singkat tentang rukun islam yang berjumlah 5. Dalam menyampaikan kultum atau ceramah, tidak perlu panjang-panjang, lebihbaik ringkas namun yang harus diperhatikan adalah kejelasan meteri yang kita sampaikan. Baca juga contoh kultum lainnya seperti kultum tentang menuntut ilmu.
 

Posting Komentar untuk "Contoh Ceramah Singkat Tentang Rukun Islam"