Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum Tentang Anjuran Bersegera di Dalam Beribadah

Kultum tentang anjuran bersegera dalam beribadah

Dzikr.web.id |
Pada artikel ini kami akan berbagi seputar contoh kultum tentang anjuran bersegera dalam beribadah. Bagi kalian yang lagi bingung dalam menentukan materi untuk kultum bisa memakai contoh kultum yang kami buat ini. langsung saja simak teks kultum tentang anjuran bersegera dalam beribadah berikut ini:

Anjuran Bersegera di Dalam Beribadah

Segala puji bagi Allah yg telah melimpahkan berbagai kenikmatannya kepada kita, yang di antaranya adalah kenikmatan kesehatan dan waktu luang, sehingga dengan kenikmatan tersebut kita masih bisa menjalankan kewajiban kita sebagai seorang muslim, yaitu solat isya' secara berjamaah. 

Yang mana dua kenikmatan tersebut merupakan kenikmatan yang sering dilalaikan oleh manusia, sebagaimana sabda rasulullah Saw yang di riwayatkan oleh imam bukhori dari sahabat ibnu abbas:

نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس: الصحة والفراغ

"Dua kenikmatan yang sering di lalaikan oleh manusia yaitu nikmat kesehatan dan waktu luang"

Kebanyakan manusia menggunakan kesehatannya, waktu luangnya tidak untuk bertaqorrub kepada Allah, justru malah menggunakannya untuk hal yang bersifat duniawi semata. Dan alhamdulillah kita yang di sini masih diberikan taufiq oleh Allah untuk menggunakan waktu kita, kesempatan kita untuk bertaqorrub kepadaNya.

Solawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi kita nabi muhammad Saw, kepada keluarganya, sahabatnya, tabi'in, dan kaum muslimin yang tetap berpegang teguh terhadap dinul islam.

Para pembaca dimanapun berada, Kita sebagai manusia biasa tentu tidak mengetahui yang namanya perkara gaib, kita tidak tahu apa yg akan terjadi pada diri kita satu jam yang akan datang, kita tidak tahu kapan dicabut nyawanya oleh malaikat, kita tidak tahu di bumi mana atau dalam keadaan bagaimana kita meninggalnya. Karena hanya Allahlah yang mengetahui perkara" tersebut sebagaimana firmannya dalam surat an naml ayat 65:

قل لا يعلم من في اسموات والأرض الغيب إﻻ الله، وما يشعرون أأيان يبعثون

"Katakanlah tidak ada seorangpun di bumi dan di langit yang mengetahui perkara gaib kecuali hanya Allah, dan mereka tidak mengetahui bila mana mereka akan dibangkitkan".

Untuk itu didalam ketidak pastian mengenai ajal kita ini, kita perlu bersegera beramal kebajikan, mengumpulkan bekal untuk menghadap sang pencipta. Jangan sampai ajal menjemput namun belum mempunyai bekal untuk dibawa menghadap ilahi. Allah juga berfirman di dalam surat ali imran ayat 133:
وسارعوا إلى مغفرة من ربكم وجنة عرضها السموات والأرض أعدت للمتقين

"Dan bersegeralah kalian menuju ampunan tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang di sediakan bagi orang yang bertakwa".

Dan bersegeralah kalian untuk bertaubat kepada Allah dari segala dosa, dan bersegeralah beramal dengan amalan amalan  yang dapat menyebabkan masuk surga,  kuausnya di bulan ramadhan ini yang mana amal ibadah yang kita lakukan di lipat gandakan pahalanya oleh Allah. Misalnya bersedekah dengan memberi makanan kepada orang yang berbuka puasa, pahalanya seperti orang yang mengerjakan puasa tersebut. 

Belum lagi nanti di sepuluh hari terakhir bulan puasa, ada yang namanya lailatul qadar, yang mana apabila kita beribadah di malam lailatul qadar, itu sama dengan kita beribadah seribu bulan. Masyaallah...banyak sekali keutamaan keutamaan di bulan suci ini yang amat sayang jikalau kita terlewatkan begitu saja.

Cukup sekian kultum yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi diri saya pribadi dan bagi jamaah semuanya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh kultum tentang anjuran bersegera dalam beribadah, baca juga contoh kulum lainnya di blog ini yang telah kami rangkum di label "Kultum". 

Posting Komentar untuk "Kultum Tentang Anjuran Bersegera di Dalam Beribadah"