Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Tentang Keutamaan Membaca Al Qur'an

 

kultum tentang keutamaan membaca al qur'an

Dzikr.web.id | Hai teman-teman semuanya, kalian sedang mencari bahan untuk kultum ? kebetulan disini saya akan menulis seputar contoh kultum tentang keutamaan membaca al Qur’an.

Kalian bisa pertimbangkan tema ini untuk kultum kalian, karena membaca al Qur’an adalah kebutuhan semua orang islam. Karena ia merupakan kitab yang berisi aturan-aturan hidup yang harus diketahui oleh semua orang sehingga hidupnya terarah dan tidak melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah ta’ala. Langsung saja ini dia naskahnya:

Keutamaan Membaca Al Qur’an

 

الْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ، لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ، أَمَّا بَعْدُ

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ (رواه مسلم)

 

Para hadirin yang dirahmati Allah ta’ala, marilah kita sama-sama memuji dan bersyukur kepada Allah, yang telah melimpahkan berbagai nikmatnya kepada kita semua, khususnya nikmat sehat, sehingga kita masih bisa datang ketempat ini dengan kondisi yang sehat wal afiyat. Sholawat serta salam kita kirimkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, sayyidul ambiya’ wal mursalin, kepada para keluarganya, sahabat-sahabatnya, para tabi’in, dan kepada para umatnya yang senantiasa menjalankan sunnahnya.

Para hadirin rahimakumullahu……………..

Berbeda dengan nabi-nabi yang lain, yang mukjizatnya hanya bisa disaksikan hanya pada saat itu saja, seperti mukjizatnya Nabi Musa yang dapat membelah lautan, Nabi Muhammad mendapat mukjizat yang bisa disaksikan para umatnya sampai hari kiamat. Mukjizat tersebut adalah Al Qur’an kalamullah, yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam menjalani hidup di dunia.

Al Qur’an berisi hukum-hukum atau syari’ah yang menjadi pedoman bagi umat islam dalam hidupnya. Yang dengan dasar tersebut para ulama’ menyusun kitab-kitab fiqih (kitab hukum). Seperti perintah untuk berpuasa yang terdapat surat al-baqarah: 183.

Al Qur’an juga memuat kisah-kisah para Nabi dan Rasul serta umat-umat terdahulu, agar umat islam bisa mengambil pelajaran darinya. Misalnya kaumnya Nabi luth yang suka terhadap sesama jenis, maka Allah azab mereka dengan menjungkir balikkan negeri mereka dan menghujaninya dengan batu. Kisah tersebut diabadikan dalam al Qur’an surat hud ayat 76-82.

Al Qur’an juga memuat motivasi-motivasi untuk berbuat baik dan peringatan-peringatan atau ancaman-ancaman dari perbuatan buruk. Allah memotivasi hambaNya dengan surga jika berbuat baik, dan mengancamnya dengan neraka jika berbuat buruk.  Sebagaimana Allah memotivasi hambanya untuk bersabar dengan imbalan surga. Hal itu ditegaskan dalam surat al insan ayat 11.

Para hadirin rahimakumullahu……….

Sebagaimana kita harus mengetahui perundang-undangan di negara kita agar tahu hukum yang diterapkan, begitu juga kita harus tahu aturan-aturan yang digariskan Allah untuk hamba-hambanya. Maka sudah sepantasnya kita untuk senantiasa membaca al Qur’an, agar kita mengetahui aturan-aturan yang Allah etapkan bagi kita, sehingga kita tidak melanggarnya.

Selain al Qur’an itu merupakan kitab petunjuk yang berisi aturan-aturan hidup, membacanya juga bernilai ibadah. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لاَ أَقُولُ الْم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ (رواه الترمذي)

Artinya: “barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan, aku tidak mengatakan aliflammim satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” (HR At-Thirmidhi)

 

Apabila kita membaca 3 huruf saja sudah mendapat 30 kebaikan, maka bagaimana jika kita menbaca 1 halaman, 2 halaman, bahkan 5 halaman? Tentu sangat banyak sekali kebaikan yang akan kita peroleh. Dan disebutkan dalam surat hud ayat 114, bahwasanya perbuatan baik akan menghapus dosa, maka secara tidak langsung dengan membaca alQur’an, dosa-dosa kita akan dihapus Allah ta’ala.

 

Selain itu Al Qur’an juga merupakan salah satu yang diberi kewenangan Allah ta’ala untuk memberikan syafaat (pertolongan) kelak pada hari kiamat. Maka kelak pada hari kiamat Al Qur’an akan datang memberikan syafaat kepada orang-orang yang senatiasa membacanya, mentadabburinya, serta mengamalkan isinya. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang telah saya bacakan pada pembukaan kultum:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ (رواه مسلم)

Artinya: “Bacalah Al Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafaat kepada para pembacanya” (HR Muslim)

Para hadirin yang dirahmati Allah ta’la……….

Maka marilah kita giatkan gerakan membaca al Qur’an, agar hidup kita teratur dengan aturan Allah ta’ala, dan agar kelak ia menjadi syafaat bagi kita di hari kiamat. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, billahi taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.  

Itulah contoh kultum tentang keutamaan membaca al Qur’an, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang cari-cari bahan kultum. Jika kalian merasa naskah tersebut ada yang kurang atau perlu diganti, silahkan di rubah sesuai dengan keinginan kalian.

Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Tentang Keutamaan Membaca Al Qur'an"