Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah Tanpa Menggunakan Uang

Ceramah singkat tentang sedekah

Dzikr.web.id | Disini saya akan berbagi kepada kalian contoh ceramah singkat tentang sedekah. Silahkan disimak dengan baik, jika kalian sedang mencari materi untuk kultum, artikel ini bisa kalian jadikan referensi untuk tampil.

Teks ceramah singkat tentang sedekah

Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam, shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW Nabi akhir zaman, kepada keluarganya, sahabatnya, dan kepada para ummatnya.
Para hadirin yang dirahmati Allah...
Diantara sekian banyak ibadah yang Allah syariatkan kepada umat muhammad, salah satunya adalah bersedekah. Allah bahkan menyifati orang yang bertakwa dengan sifat yang gemar bersedekah, sebagaimana firmannya:

...........أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133) الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (134)

“.............disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, yaitu orang yang menginfakkan(menyedekahkan) hartanya diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang menahan amarahnya, dan orang-orang yang memaafkan kesalahan orang lain, dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.(QS.Ali imran 133-134)”

Bersedekah merupakan ibadah yang identik dengan harta, yaitu kita memberikan sebagian dari harta kita kepada orang yang membutuhkan. Akan tetapi Allah maha mengetahui keadaan hamba-nya. Ada sebagian hamba-nya yang tidak memiliki cukup harta untuk disedekahkan. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pun tidak cukup. Oleh sebab itu Allah ta’ala menyiapkan berbagai fasilitas bagi hambanya yang ingin mencicipi pahala bersedekah tanpa mengeluarkan harta sepeserpun.

Dahulu ada salah seorang sahabat yang mengadukan permasalahannya kepada rasulullah. Ia mengadukan tentang kefakirannya akan harta, sehingga ia tidak bisa bersaing dengan orang-orang kaya dalam bersedekah.

يَا رَسُولَ اللهِ، ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالْأُجُورِ، يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّي، وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ، وَيَتَصَدَّقُونَ بِفُضُولِ أَمْوَالِهِمْ، قَالَ: " أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ؟ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةً، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ، وَفِي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، أَيَأتِي أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ؟ قَالَ: «أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِي حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ؟ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِي الْحَلَالِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ(رواه مسلم 1006)

“Wahai rasulullah, orang-orang kaya telah pergi membawa pahala mereka, mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta benda mereka. Beliau bersabda: Bukankah telah Allah berikan untuk kamu apa yang dapat kamu sedekahkan? Sesungguhnya setiap ucapan tasbih itu adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah,setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, memerintahkan kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan didalam kemaluan kamu juga terdapat sedekah, mereka berkata: wahai rasulullah, apakah salah seorang dari kami menumpahkan syahwatnya dia akan mendapat pahala? Rasulullah berkata: Bagaimana pendapatmu kalau diletakkan pada yang haram, bukankah dia berdosa? Maka demikian pula kalau diletakkan pada yang halal, tentu dia memperoleh pahala.(HR.Muslim 1006)”

Amalan lain yang bisa dilakukan seseorang untuk mendapatkan pahala sedekah adalah dengan menunaikan shalat sunnah dhuha.  

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى(رواه مسلم 720)

“Pada pagi hari, setiap ruas tulang salah seorang diantara kalian itu ada sedekahnya.  Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan yang mencukupkan dari semua itu adalah dua rakaat shalat dhuha.(HR.Muslim 720)”

Para hadirin yang dirahmati Allah, sekian kultum singkat dari saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan, Wa'alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh....

Ceramah singkat tentang sedekah diatas bisa kalian jadikan referensi dalam berpidato, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah Tanpa Menggunakan Uang"