Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Tata Cara Melaksanakan Shalat Dhuha

shalat dhuha

Dzikr.web.id | Pernahkah kalian mendengar apa itu shalat dhuha? diantara sekian banyak macam-macam shalat, salah satunya adalah sholat dhuha. Shalat dhuha adalah salah satu diantara shalat-shalat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan. Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu dhuha. 

Waktu sholat dhuha

Sholat dhuha dikerjakan pada waktu dhuha. Apa itu waktu dhuha? .Waktu dhuha Yaitu waktu antara meningginya matahari sampai sebelum tergelincirnya matahari ( sebelum masuk waktu shalat dzuhur). Kurang lebih kira-kira jam 6.30 sampai jam 11.30. 

Keutamaan sholat dhuha

Shalat dhuha mempunyai banyak keutamaan, diantaranya adalah apa yang terkandung dalam hadits berikut ini:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى(رواه مسلم 720)

Artinya:“setiap pagi, setiap sendi salah seorang diantara kalian mempunyai jatah untuk bersedekah, maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan sesuatu yang mencukupi dari semua itu adalah 2 rakaat shalat dhuha.(HR.Muslim 720)”

Dari isi hadits di atas, dapat diketahui bahwa sedekah tidak selalu berupa materi atau uang. namun segala kebaikan bisa menjadi sedekah bagi pelakunya.

Tata cara shalat dhuha

Tata cara sholat dhuha sama seperti shalat-shalat lainnya, gerakannya maupun bacaannya. Shalat dhuha Dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat. Ia dapat dikerjakan minimal 2 rakaat, sebagaimana kandungan hadits yang telah berlalu.

Adapun batas maksimalnya, ulama’ berbeda pendapat didalamnya, ada yang mengatakan paling banyak adalah 8 rakaat, ada yang mengatakan paling banyak adalah 12 rakaat, dan ada yang mengatakan paling banyak adalah tiadak ada batasnya. 

Adapun syeikh Abu Malik Kamal penulis kitab shahih fiqih sunnah merajihkan pendapat yang terakhir, yaitu tidak ada batasan rakaat dalam sholat dhuha. pendapat beliau bisa dilihat di kitabnya shahih fiqih sunnah jilid 1 hal. 426 bab shalat dhuha. 

Demikianlah ulasan singkat tentang shalat dhuha, semoga bermanfaat bagi pembaca. kebenaran datangnya  dari Allah ta'ala, dan kesalah datangnya dari diri kami sendiri, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Tata Cara Melaksanakan Shalat Dhuha"