Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengupas Kandungan Hadits Jibril

Kandungan Hadits Jibril
www.idrisiyyah.or.id


Dzikr.web.id | Pada artikel ini kami akan membahas hadits kedua dari hadits arba'in yang biasa di sebut hadits jibril. Apa saja kandungan yang terdapat hadits jibril? yuk simak selengkapnya berikut ini:

حَدَّثَنِي أَبِي عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ، إِذْ طَلَعَ عَلَيْنَا رَجُلٌ شَدِيدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ، شَدِيدُ سَوَادِ الشَّعَرِ، لَا يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلَا يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ، حَتَّى جَلَسَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ، وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ، وَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِي عَنِ الْإِسْلَامِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُومَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيلًا»، قَالَ: صَدَقْتَ، قَالَ: فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ، وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ الْإِيمَانِ، قَالَ: «أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ، وَمَلَائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَالْيَوْمِ الْآخِرِ، وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ»، قَالَ: صَدَقْتَ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ الْإِحْسَانِ، قَالَ: «أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ»، قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ، قَالَ: «مَا الْمَسْئُولُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ» قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنْ أَمَارَتِهَا، قَالَ: «أَنْ تَلِدَ الْأَمَةُ رَبَّتَهَا، وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِي الْبُنْيَانِ»، قَالَ: ثُمَّ انْطَلَقَ فَلَبِثْتُ مَلِيًّا، ثُمَّ قَالَ لِي: «يَا عُمَرُ أَتَدْرِي مَنِ السَّائِلُ؟» قُلْتُ: اللهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: «فَإِنَّهُ جِبْرِيلُ أَتَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِينَكُمْ(رواه مسلم 8)

“telah mengabarkan kepadaku umar bin khattab RA, beliau berkata: tatkala kami berada di sisi Rasulullah Saw pada suatu hari, datang seorang laki-laki berpakaian sanga  putih, berambut sangat hitam, tidak nampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh, dan tidak ada seorangpun dari kami yang mengenalnya. Kemudian ia duduk didepan Nabi Saw sambil menyandarkan lututnya ke lutut Nabi Saw, dan meletakkan telapak tangannya di atas paha Nabi Saw, seraya berkata: “wahai muhammad, beritahu aku tentang islam !”, Rasulullah menjawab: “Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan engkau bersaksi bahwa Nabi Muhammad Saw adalah utusan Allah,dan engkau menegakkan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan ramadhan,dan berjahi ke baitullah jika mampu”. Ia berkata “engkau benar”, (umar) berkata : “maka kami heran, ia bertanya, kemudian ia membenarkan jawabannya”. Ia berkata: “beritahukan kepadaku tentang iman !”. Rasulullah menjawab : “Engkau beriman kepada Allah, para malaikatNya, kitab-kitabNya, Para rasulNya, hari kiamat, dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk”. Ia berkata : “engkau benar”, Ia berkata: “beritahukanlah kepadaku tentang ihsan”. Rasulullah Sawmenjawab: “kamu beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya, dan jika engkau tidak bisa melihatNya, maka ketahuilah sesungguhnya Allah melihatmu”.  Ia berkata: “beritahukanlah kepadaku tentang kiamat!” Beliau menjawab: “tidaklah yang ditanya tentangnya itu lebih mengetahui dari yang bertanya”(sama-sama tidak tahu). Ia berkata: “beritahukanlah kepadaku tentang tanda-tandanya!” (tanda-tandanya adalah) seorang budak melahirkan tuannya, dan kamu akan melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, pengembala domba saling berlomba-lomba membangun bangunan yang tinggi. (umar) berkata: “kemudian ia (seorang laki-laki yang bertanya pada rasulullah) pergi. Kemudian aku tinggal beberapa saat, kemudian Rasulullah Saw berkata kepadaku, “wahai umar, apakah kamu mengetahui siapa yang bertanya tadi? Akupun menjawab : “Allah dan rasulNya lebih mengetahuinya” Kemudian rasulullah berkata: “Sesungguhnya ia adalah malaikat jibril, ia datang kepada kalian untuk mengajari kalian".(HR.Muslim no 8)

Hadits diatas disebut dengan hadits jibril karena di dalamnya Malaikat Jibril alaihissalam menjelma menjadi manusia dalam rangka mengajari para sahabat tentang sebagian ajaran islam. Hadits di atas merupakan hadits yang agung karena di dalamnya terdapat pokok-pokok agama seperti rukun islam dan rukun iman. Kita bisa mengambil banyak faidah dari hadits diatas, diantaranya akan saya sebutkan berikut ini:

  • Anjuran untuk berpenampilan yang rapi dan menjaga kebersihan badan, sebagaimana jibril yang datang kepada Rasulullah dalam keadaan rapi.
  • Malaikat mempunyai kemampuan untuk menjelma menjadi manusia dengan izin Allah.
  • Bolehnya bertanya sesuatu yang telah kita ketahui jawabannya dalam rangka memberikan faidah kepada orang-orang di sekitar kita yang belum mengetahuinya.
  • Diantara pokok-pokok agama islam adalah rukun islam, yaitu bersyahadat, menegakkan shalat, membayar zakat, berpuasa ramadhan, dan berhaji ke baitullah bagi orang yang mampu melaksanakannya.
  • Diantara pokok-pokok agama islam adalah rukun iman, yaitu iman kepada Allah, kepada malaikatNya,kepada kitab suciNya, kepada para rasulNya, kepada hari kiamat, dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.
  • Diantara tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah ketika seorang budak melahirkan tuannya, dan orang-orang yang dahulunya miskin (digambarkan di dalam hadits bahwa orang tersebut tidak beralas kaki, berprofesi sebagai penggembala domba) berlomba-lomba membangun bangunan yang tinggi (pencakar langit).
  • Adab ketika ditanya sesuatu dan tidak mengetahui jawabannya, hendaknya mengucapkan “Allah lebih mengetahui (الله أعلم ).
Itulah beberapa fa'idah yang terkandung dalam hadits jibril, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Mengupas Kandungan Hadits Jibril"