Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Tentang 7 Golongan Yang Akan Mendapat Naungan di Hari Kiamat

7 golongan yang mendapat naungan pada hari kiamat


Dzikr.web.id | Pada artikel ini kami akan membahas mengenai Hadits Tentang 7 Golongan Yang Akan Mendapat Naungan di Hari Kiamat. Diantara 6 rukun iman yang wajib kita imani adalah beriman terhadap hari kiamat. Ia berada diurutan yang kelima. 

Hari kiamat adalah akhir dari kehidupan dunia ini. Setelah itu manusia akan memasuki alam akhirat untuk menerima pembalasannya masing masing sesuai amal ibadahnya. Ketika manusia dikumpulkan untuk dimintai pertanggungjawabannya dari apa yang telah mereka lakukan selama di dunia, digambarkan bahwa Kondisi di hari itu sangatlah panas, karena matahai didekatkan dengan jarak satu mil di atas ubun-ubun.

Mereka dikumpulkan di padang mahsyar dalam keadaan tidak beralas kaki, tidak dikhitan, dan tidak berpakaian. Tidak ada yang menyelamatkan mereka pada hari itu. Namun ada beberapa golongan yang akan mendapatkan syafa'at sehingga mereka mendapat naungan untuk terhindar dari panasnya matahari yang jaraknya sangat dekat. 

Hadits 7 golongan yang mendapat naungan di hari kiamat


Disebutkan dalam hadits bahwa mereka yang akan mendapat naungan pada hari kiamat ketika manusia dikumpulkan dipadang mahsyar adalah 7 golongan. Siapakah 7 golongan tersebut?

Dalam sebuah hadits yang shahih, yang diriwayatkan oleh imam bukhari dan imam muslim dari sahabat abu hurairahradhiyallahu ‘anhu, rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallampernah bersabda:

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ: اْلإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ، وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِي اللهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ دعته امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan ‘arsy allah ta’ala dimana tidak ada naungan kecuali hanya naungan allah ta’ala. Yaitu:

1. Pemimpin yang adil

2. Pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada allah ta’ala

3. Seorang yang hatinya senantiasa bergantung di masjid

4. Dua orang yang saling mencintai karena allah ta’ala. Mereka berkumpul karena allah dan mereka pun berpisah juga karena allah ta’ala.

5. Seorang yang diajak wanita untuk berbuat yang tidak baik, dimana wanita tersebut memiliki kedudukan dan kecantikan, namun ia mampu mengucapkan, “sungguh aku takut kepada allah”.

6. Seorang yang bersedekah dan dia sembunyikan sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.

7. Seorang yang mengingat allah dalam keadaan sendirian sehingga kedua matanya meneteskan air mata.

Itulah penjelasan singkat mengenai Hadits Tentang 7 Golongan Yang Akan Mendapat Naungan di Hari Kiamat. Semoga kita termasuk salah satu dari 7 golongan tersebut yang akan mendapat naunganNya. semoga bermanfaat bagi kita.

Posting Komentar untuk "Hadits Tentang 7 Golongan Yang Akan Mendapat Naungan di Hari Kiamat"